Yamaha FreeGo | Review Motor Skutik Yamaha Terbaru

review yamaha freego

PT Yamaha Indonesia Manufacturing kembali merilis motor skutik jenis Yamaha FreeGo pada pameran IOS 2018 lalu. Respon dari pembelipun tercatat cukup baik karena jumlah pembelian untuk jenis motor yang terbilang baru sangat tinggi, karena motor Yamaha FreeGo menawarkan banyak keunggulan dan kecanggihan untuk pemiliknya.

Berbicara soal keunggulan, sebelumnya perlu untuk diketahui dulu bahwa Yamaha FreeGo yang satu ini akan hadir dengan 3 varian berbeda, yaitu tipe Standar, Tipe S dan S ABS. Letak perbedaan dari ketiga varian motor skutik tersebut sebenarnya tak terlalu mencolok. Seperti fitur kick starter yang hanya disediakan pada varian standar. Kemudian, untuk varian standar dan ABS sudah dilengkapi fitur Smart Key System sementara untuk varian S tidak ada. Nah, sedangkan untuk varian Yamaha FreeGo ABS sendiri adalah yang tertinggi dengan kelengkapan rem ABS yang tak disematkan pada tipe S maupun standar. Meski punya perbedaan yang kecil, namun ketiga varian tersebut sebenarnya hampir punya kemiripan dengan fitur yang disematkan pada Nmax. Tak hanya itu, mesinnya pun sama, yakni dengan menggendong mesin SOHC berkapasitas 125 cc BlueCore yang dipastikan mampu memberikan pengalaman berkendara yang lebih irit, bertenaga dan handal.

Review Yamaha FreeGo

Spesifikasi Yamaha Freego S

Mesin
Tipe Mesin Air Cooled 4-Stroke,SOHC
Susunan Silinder Single Cylinder
Diameter x Langkah 52,4 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi 9,5 : 1
Volume Silinder 125 cc
Daya Maksimum 7,0 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum 9,5 Nm/ 5500 rpm
Sistem Starter Electric & Kick Starter (Standart)
Sistem Pelumasan Wet Sump
Kapasitas Oli Mesin Total = 0,84 L ; Berkala = 0,80 L
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Tipe Kopling Single dry clutch
Tipe Transmisi Full Automatic
Dimensi
P x L x T 1905 x 690 x 1100 (mm)
Jarak Sumbu Roda 1275 mm
Tinggi Tempat Duduk 778 mm
Berat Isi 100 Kg (Tipe S ABS, Reguler) / 102 Kg (Tipe S)
Kapasitas Tangki Bensin 4,2 L
Rangka
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Telescopic Fork
Suspensi Belakang Unit Swing
Ban Depan 100/90 – 12M/C 59J – Tubeless
Ban Belakang 110/90-12M/C 64L – Tubeless
Rem Depan Single Disc Brake
Rem Belakang Drum Brake

Desain

Di awal pembahasan ini, bung montir akan memulai ulasan pada bagian eksterior atau tampilan fisik pada spesifikasi Yamaha FreeGo. Oke kawan, pada sektor tampilan fisiknya ini memang patut diakui jika skutik yang satu ini bisa dibilang hampir mirip dengan Nmax. Dimana, terdapat lampu depan dengan pencahayaan LED Light yang akan memberikan sinar lebih terang dan maksimal, terutama ketika berkendara di malam hari. Bentuk headlamp yang diusungnya pun sangat modern dengan konsep futuristik. Tak hanya itu, di bagian depan dari Yamaha FreeGo ini juga sudah dilengkapi dengan lampu Hazard juga. Kemudian, di bagian dashboard terdapat instrumen indikator berupa panel full digital lengkap dengan Eco Indicator yang sangat informatif. Bahkan, dilengkapi pula dengan Multi Information Display (MID). Kemudian, di bagian bawah speedometer terdapat sebuah fitur Smart Key System yang hanya tersedia pada varian Standar dan S ABS sebagai fitur untuk menunjang keamanan. Selain itu, skutik buatan Yamaha ini juga sudah dilengkapi ruang pijakan kaki yang cukup luas untuk memberikan kenyamanan posisi kaki saat berkendara, khususnya ketika menempuh perjalanan jauh. Lalu, beranjak pada bagian joknya sendiri, Yamaha FreeGo ini mengusung bentuk yang berukuran besar dan comfortable sehingga akan memberikan kenyamanan saat berkendara. Di sisi lain, di sektor sampingnya sendiri pun tampak lekukan lembut yang cukup elegan dan sporty terukir pada bodinya sehingga memberikan kesan yang lebih sporty dan modern. Tak sampai di situ, di bagian bawah jok terdapat bagasi yang sangat lega dengan volume 25 liter yang sanggup dimasuki helm full face standar. Sedangkan, di bagian kanannya terdapat knalpot modern disertai kick starter pada bagian kanan (khusus varian Standar). Nah, beranjak di bagian belakang, pada sektor tampilan dari spesifikasi Yamaha FreeGo ini akan mengusung lampu belakang berdesain masa kini yang dipastikan sanggup memberikan pancaran cahaya sinyal stop lamp tanpa membuat silau pengendara di belakang.

Speedometer

Selain soal tampilannya yang begitu mempesona, spesifikasi Yamaha FreeGo ini juga dilengkapi dengan fitur modern dan cukup handal, yaitu fitur speedometernya. Bukan tanpa alasan, fitur yang satu ini merupakan bagian yang sangat penting sebagai salah satu segmen dalam menunjang kontrol kondisi skutik pada saat dikendarai. Dimana, dalam hal ini Yamaha FreeGo sendiri dipastikan bakal membawa speedometer full digital yang sangat lengkap dengan berbagai panel dengan Multi Information Display (MID). Yang mana akan memberikan beberapa informasi, seperti kecepatan Km/jam, rpm, indikator bahan bakar, dan disertai dengan fitur Eco Indikator. Tak sampai di situ saja, bahkan speedometer pada Yamaha FreeGo ini pun juga akan dilengkapi beberapa lampu indikator berupa lampu utama/jarak jauh, indikator lampu sein, indikator idling stop, penanda kerusakan sistem kelistrikan, dan indikator rem ABS. Tentu saja, dengan berbagai macam lampu indikator yang tercantum pada spesifikasi Yamaha FreeGo tersebut dipastikan bakal membuat pengendara lebih mudah dalam memahami kondisi motor saat berkendara.

Dimensi

Sementara itu, berbicara soal bentuk bodi pada spesifikasi Yamaha FreeGo, tentu tak akan lepas dari yang namanya struktur dimensinya. Pasalnya, bagian ini merupakan segmen pembentuk bodi skutik yang memberikan kesan tersendiri pada bentuk eksteriornya. Dimana, mengusung rangka Underbone dan memiliki ukuran yang menurut bung montir sangat pas dengan ukuran 1905 x 690 x 1100 mm dan memiliki sumbu roda 1275 mm. Sehingga, dengan ukuran tersebut maka akan membuat bentuk bodinya ideal untuk skutik sekelas 125 cc. Tak hanya itu, untuk memudahkan pengendaraan, Yamaha FreeGo ini dibuat dengan ketinggian tempat duduk 778 mm yang sesuai dengan postur tubuh rata-rata orang Indonesia sehingga memudahkan pengendara menjaga kesimbangan skutik saat berhenti di lampu Selain itu, skutik baru buatan Yamaha ini juga sudah dilengkapi dengan bagasi 25 liter yang berada di bawah jok sehingga sanggup menampung satu unit helm Full Face Standar. Tak sampai di situ saja, bahkan skutik dengan bobot 100 Kg ini juga sudah dilengkapi tangki bahan bakar 4.2 liter dengan penutup model Smart Refuel di bagian depan sehingga pengisian bahan bakar lebih praktis tanpa perlu membuka jok. Tentu saja, dengan struktur rangka dan dimensi yang diusung spesifikasi Yamaha FreeGo tersebut akan membuat skutik ini tampil begitu prima dengan bentuk bodi yang pas dan ideal.

Suspensi

Masih berkaitan dengan struktur bodi, kali ini bung montir akan membicarakan spesifikasi Yamaha FreeGo di sektor kaki-kakinya. Sebab, bagian ini sangat penting dalam soal menjaga keseimbangan skutik ketika berkendara di berbagai medan jalan. Nah, guna menunjang hal tersebut maka kali ini Yamaha FreeGo pun telah mengusung suspensi handal berupa Telescopic Fork di bagian depan dan Unit Swing di sektor belakang. Keduanya sama-sama punya kemampuan yang sanggup memberikan efek keseimbangan maksimal. Bahkan, sekalipun melewati jalanan berlubang pun goncangan tak akan terlalu terasa mengingat kemampuannya yang handal dalam mengendalikan atau mengurangi getaran. Tak sampai di situ saja, bahkan Yamaha FreeGo sendiri juga sudah mengusung velg sporty 12 inci dengan balutan ban Tubeless berukuran 100/90 – 12M/C 59J untuk bagian depan dan 110/90-12M/C 64L di sektor belakang. Sementara itu, untuk memberikan kemudahan dalam mengendalikan laju motor maka Yamaha telah melengkapi skutik ini dengan rem cakram tunggal di bagian depan dan Drum Brake untuk bagian belakang. Khusus pada varian spesifikasi Yamaha FreeGo tipe S ABS, akan dilengkapi teknologi rem ABS yang sangat handal dalam memberikan kualitas rem dan mampu mencegah terjadinya ban selip.

Mesin

Beranjak pada segmen selanjutnya, kini bung montir akan mengulas soal dapur pacu dari spesifikasi Yamaha FreeGo. Nah, berbicara soal dapur pacu, sebenarnya mesin yang diusung skutik baru ini beradsa di kelas pemula. Dimana, dalam soal permesinan, kali ini Yamaha FreeGo akan membawa mesin handal dari jenis SOHC Silinder Tunggal dengan kapasitas kubikasi yang mencapai 125 cc. Mesin tersebut akan dipadukan bersamaan dengan transmisi Full Automatic yang disokong kopling Single Dry Clutch. Sehingga, tak heran jika Yamaha FreeGo ini diklaim mampu menyemburkan power up to 7.0 kW per 8000 rpm dan torsi puncak sampai pada 9.5 Nm per 5500 rpm. Dengan begitu, tak heran jika akselerasi yang dihasilkan skutik ini terbilang cukup agresif di kelasnya. Selain itu, tak lupa juga bahwa Yamaha FreeGo sendiri juga sudah dilengkapi teknologi Blue Core ditambah dengan SMG yang memberikan suara mesin lebih halus ketika dinyalakan dan memberikan pengalaman berkendara irit, efisien, dan bertenaga. Tentu saja, berbekal mesin handal pada spesifikasi Yamaha FreeGo tersebut maka para pengguna akan dimanjakan dengan performa yang agresif yang mengedepankan ramah lingkungan.

Fitur

Lanjut pada pembahasan spesifikasi Yamaha FreeGo berikutnya, bung montir saatnya mengulas soal fitur-fitur fungsional yang diusung skutik ini. Sebelumnya, perlu diketahui kembali bahwa skutik ini terbagi atas 3 varian dengan beberapa perbedaan. Yang paling menonjol yaitu fitur rem ABS. Dimana, teknologi pengereman ini hanya tersedia pada varian Yamaha FreeGo tipe S ABS saja yang dipastikan mampu membuat gaya pengereman menjadi lebih mudah dan maksimal dalam menahan laju motor. Selain itu, perbedaan juga terletak pada fitur smart Key System atau Keyless with Stop Start System (SSS) yang hanya tersedia pada model S dan S ABS saja. Di sisi lain, kick starter justru menjadi fitur satu-satunya yang masih disematkan pada varian standar untuk menyalakan mesinnya. Selain perbedaan fitur dari setiap varian, ketiganya punya kesamaan. Yaitu sama-sama mengusung instrumen indikator full digital, Electric Power Socket sebagai pengisi daya gadget, Smart Front Refuel untuk pengisian bahan bakar praktis tanpa membuka jok, dan bagasi luas berkapasitas 25 liter. Semua fitur-fitur yang diusung spesifikasi Yamaha FreeGo tersebut dipastikan bakal memberikan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

Harga Yamaha FreeGo

Setelah menelaah detail spesifikasinya, selanjutnya kita akan bahas soal harga Yamaha FreeGo. Namun, sebelum kita menginjak soal banderolnya, ada baiknya bung montir sedikit memberikan kesimpulan mengenai keunggulan utama dari skutik ini. Sebagaimana penjelasan di atas, skutik buatan Yamaha ini memang hadir dengan 3 varian yang punya sedikit perbedaan. Dimana, letak perbedaan pada Yamaha FreeGo tersebut terdapat pada fiturnya, seperti rem ABS, Smart Key System, dan kick starter. Sementara itu, untuk soal desain pun sama dengan menampilkan kesan modern khas skutik masa depan dengan bekalan mesin 125 cc Blue Core yang handal dan agresif. Di sisi lain, beberapa fitur masa kini penunjang kenyamanan dan keamanan pengguna pun juga turut disematkan pada ponsel ini. Nah, dengan ragam kelebihannya tersebut, kira-kira berapa sih harga Yamaha FreeGo ini?

Berbicara soal angka dari harga Yamaha FreeGo, tampaknya kawan-kawan tak perlu lagi khawatir. Sebab, saat ini informasi mengenai banderol dari skutik buatan Yamaha ini sudah dirilis resmi saat peluncurannya di IMOS 2018. Bahkan, sudah muncul di situs resmi Yamaha Indonesia yang mana harga Yamaha FreeGo ini akan terbagi menjadi 3 varian sesuai tipe. Untuk tipe standar dibanderol 19.7 juta. Sedangkan tipe S harganya mencapai Rp 18.5. Sementara itu, untuk tipe tertinggi, yaitu S ABS dipatok senilai Rp 22.5 jutaan. Seluruh informasi terkait harga Yamaha FreeGo tersebut merupakan harga OTR untuk wilayah DKI Jakarta saja.

Sementara itu di sisi lain, dengan melihat kisaran harga Yamaha FreeGo ini tentu menjadi suatu kewajaran jika bakal banyak konsumen yang melirik dan berminat untuk memboyongnya. Apalagi, dengan bekalan spesifikasi dan fitur yang cukup handal di kelasnya. Tak hanya itu saja, bahkan daya tarik dari skutik ini sudah terbukti dengan penjualannya yang meroket saat peluncurannya di ajang IMOS 2018 lalu yang melampaui jumlah penjualan Nmax. Sehingga, tak heran jika skutik ini terbilang sangat ampuh “mengobrak abrik” pasar skutik di kelas 125 cc.