Tutup Pentil Ban | Si Kecil Yang Sering Disepelekan

fungsi tutup pentil ban motor

Operasi kepolisian lalu lintas kerap mempermasalahkan adanya tutup pentil di ban anda. Tidak sedikit pula dari para pengendara motor yang mengeluh karena terkena tilang akibat tidak adanya tutup pentil. Namun tahukah anda bahwa tutup pentil ban merupakan salah satu komponen ban yang cukup berpengaruh dalam keselamatan anda selama di perjalanan?

Tutup pentil ban atau yang juga dikenal dengan sebutan valve cap memiliki fungsi untuk mencegah udara yang terdapat didalam ban agar tidak keluar melalui celah kecil pada katup serta menjaga agar kotoran maupun air tidak masuk kedalam ban. Karena kotoran dan air yang masuk kedalam ban dapat menyebabkan korosi sehingga katup ban anda bocor.

Hal ini jelas sangat berhubungan dengan faktor keselamatan yang diakibatkan oleh tidak adanya tutup pentil ban. Memang tidak akan langsung terasa akibatnya, namun banyak kejadian ban bocor halus hanya karena tidak menggunakan tutup pentil.

Coba bayangkan apabila kendaraan dipakai dalam kecepatan tinggi, sementara ban mengalami kerusakan seperti yang disebutkan di atas. Intensitas yang tinggi pada pemakaian dalam kondisi tersebut dapat memicu kecelakaan.

Sebagai salah satu yang kerap menggunakan kendaraan di perjalanan, bung montir kerap melihat beberapa kendaraan bermotor yang menggunakan tutup pentil yang bervariatif. Bung montir tidak akan melarang hal tersebut, namun anda tetap harus mengerti kondisi tutup pentil yang digunakan.

Tutup pentil yang baik harus memiliki sil karet pada tutup pentil. Mengingat saat ini sudah banyak tutup pentil dengan berbagai bahan, seperti plastik, metal yang dilapisi karet, dan lain sebagainya. Yang lebih baik lagi adalah tutup pentil yang memiliki indikator untuk mengetahui tekanan ban berkurang atau tidak. Secara garis besar, tutup pentil tidak hanya membuat aman, tapi juga bisa digunakan sebagai pemanis pada ban.