Tips yang Harus Dilakukan Saat Mengalami Kecelakaan Sepeda Motor

tips saat kecelakaan sepeda motor

Mengendarai kendaraan bermotor baik mobil ataupun motor di jalan umum tidak akan terhindar dari resiko kecelakaan. Namun khusus bagi anda yang menggunakan kendaraan roda dua, anda harus lebih ekstra hati-hati karena resiko kecelakaan bisa lebih besar dibandingkan dengan pengguna mobil.

Instruktur Safety Driving asuhan Astra Honda Motor Hendrik Ferianto mengemukakan bahwa setiap pengedara sepeda motor harus segera memisahkan dirinya dari kendaraan sebelum terjadi kecelakaan.

Motor berbeda dengan mobil, kata Hendrik, kalau mobil diibaratkan ikan dalam kaleng, sedangkan motor seperti daging yang membungkus kaleng. Artinya saat di mobil pengendaranya tertutup rangka dan body, sedangkan motor pengendaranya bersentuhan langsung dengan jalanan. Hendrik kemudian membagikan tips jatuh saat kecelakaan sepeda motor:

  1. Melompat ke sebelah kiri, karena sebelah kiri adalah jalur kendaraan lebih rendah. Namun pastikan dulu kendaraan yang terletak di sebelah kiri anda aman ataupun tidak melompat ke jalur berlawan.
  2. Usahakan yang jatuh terlebih dahulu adalah bagian punggung. Hal ini ditujukan agar organ vital anda terlindungi saat terjadi kecelakaan.
  3. Usahakan agar ketenangan dan konsentrasi tetap terjaga agar dapat memikirkan langkah selanjutnya yang harus diambil.
  4. Ketika badan sudah jatuh dan terguling, pastikan agar tangan tetap melindungi dada. Selain itu ketika akan terjatuh pastikan anda tidak memejamkan mata untuk melihat kondisi kendaraan di jalan.

Namun bagi Hendrik, tips tersebut hanya dilakukan untuk mengurangi resiko kecelakaan yang fatal, bukanlah menghilangkan resiko terjadinya kecelakaan.