Tips Untuk Mengurangi Lelah dan Pegal Saat Berkendara

Tips Untuk Mengurangi Lelah dan Pegal Saat Berkendara

Saat sedang berkendara terutama saat melakukan perjalanan jauh ataupun menghadapi kemacetan panjang, badan pegal dan letih sudah menjadi hal yang biasa. Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat mencoba melakukan olahraga ringan untuk sedikit meregangkan otot-otot anda. Olahraga ini dapat mengurangi rasa lelah dan pegal yang diakibatkan karena posisi berkendara yang terlalu lama dan menjaga agar tubuh tetap fit

Yang pertama, adalah dengan cara mengencangkan perut dan menekan pinggang kuat-kuat pada tempat duduk, kemudian tarik otot perut ke bagian dalam selama beberapa saat. Kemudian lepaskan ke posisi normal anda berkendara kembali. Lakukan hal ini sebanyak kurang lebih 5 kali.

Selanjutnya, kencangkan otot pantat anda sekuat-kuatnya dan tahan selama 2 hingga 3 detik. Baru kemudian lepaskan / kendurkan. Lakukan pula latihan ini sebanyak 5 kali. Lakukan gerakan seperti jalan sambil duduk. Caranya adalah dengan menggeser titik tumpu berat badan anda dari pantat bagian kiri ke pantat bagian kanan bergantian. Lakukan juga gerakan ke depan dan belakang. Lakukan hal ini selama kurang lebih 10 atau 20 detik saja.

Gerakkan pinggul anda dengan cara menekan pinggang ke arah tempat duduk, lalu doronglah pinggul ke arah depan hingga sedikit melengkung. Tahan beberapa saat dan kemudian balik arah gerakkan tadi ke posisi normal. Lakukan gerakkan ini juga sebanyak 5 kali.

Kencangkan pula otot bagian paha anda, dan tahan selama 3 sampai 5 detik. Selanjutnya kembali ke posisi semula atau posisi rileks. Lakukan pengulangan juga sebanyak 5 kali.

Untuk mengatasi rasa pegal dan kaku di area bahu, tariklah bahu anda ke arah belakang, kemudian silangkan kedua tulang belikat anda. Tahan beberapa saat dan kembalikan ke posisi semula. Tahap ini juga lakukan sebanyak 5 kali.

Untuk membuat rileks jari-jari dan pergelangan tangan serta lengan, pegang setir kemudi mobil pada posisi jam 3 dan jam 9 dengan kuat. Setelah itu tekan setir ke arah depan dan tahan selama 3 detik, baru kemudian kembali ke posisi normal berkendara atau posisi semula. Lakukan gerakan ini juga sebanyak 5 kali.

Terakhir, gerakkan kepala anda ke arah bahu kanan dan kiri secara bergantian dan perlahan. Lakukan pengulangan sebanyak 7 kali.

Proses senam untuk mengatasi letih dan pegal saat mengemudi mobil tersebut dapat anda lakukan saat kondisi jalanan yang tengah macet atau saat anda beristirahat di rest-area yang aman. Jangan pernah melakukannya saat mobil tengah melaju, karena justru dapat membahayakan anda dan juga pengguna jalan lainnya.