Sparepart Motor yang Sering Dilakukan Pergantian

sparepart motor yang sering rusak

Motor adalah media transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Walaupun sebagian besar memanfaatkan motor sebagai media transportasi pribadi, tidak sedikit orang yang memanfaatkannya sebagai media mencari uang, seperti gojek dan grab. JIka berkata tentang penggunaan, maka hal yang juga harus anda perhatikan adalah perawatannya.

Membawa motor ke bengkel untuk melakukan service rutin dan ganti oli sudah menjadi rutinitas. Namun terkadang anda diharuskan untuk mengganti beberapa sparepart yang sudah tidak layak pakai. Nah jika anda adalah salah satu yang memanfaatkan kendaraan motor ini, anda harus mengetahui beberapa sparepart yang sering rusak dan harus melakukan penggantian.

Busi

busi motorIni dia part motor yang paling sering rusak dan bikin masalah besar bagi motor kita ketika lagi asiknya jalan-jalan. Si kecil ini kontribusinya sangat besar untuk kehidupan motor anda. Biasanya, ketika motor anda mati di tengah jalan, dan dibawa ke bengkel, sudah pasti si kecil inilah benda yang akan di cek oleh montir..

Selain memang sudah usianya, busi bisa mati dan rusak ketika terkena cairan. Cairan ini bisa berupa air yang ‘nyelip’ ke dalam rongga busi, atau bisa juga berasal dari oli mesin yang naik ke ruang pembakaran, sehingga busi menjadi basah dan tidak bisa memercikkan bunga api. Selain itu, salah penggunaan busi juga bisa menjadi biang kerok. Penggunaan busi dengan embel-embel racing pada mesin yang standar akan memperpendek umur busi, karena tidak sesuai dengan kondisi mesin, bahan bakar, dan pengapian.

Nah, bagi yang gak mau businya cepet mati dan rusak, gunakanlah tipe busi yang sesuai dengan rekomendasi pabrik, atau sesuai dengan kondisi mesin anda. Selain itu, selalu cek busi secara rutin, terutama setelah menerjang banjir.

Kampas Rem

kampas rem motorKalau part ini sih memang pasti bakal rusak, alias aus. Part ini baik di sistem rem tromol ataupun cakram juga memiliki usia yang relatif singkat. Cepat atau tidaknya bagian ini aus bisa terjadi karena banyak hal. Setelan rem yang terlalu kencang, dan penganut paham ‘stop n go’ bisa membuat part ini berumur jah lebih singkat dari biasanya. Selain itu, posisi velg atau disk cakram yang speleng alias tidak rata juga bisa membuat part ini aus sebelah.

Untuk memperpanjang usianya, gunakanlah selalu kampas rem berkualitas, yang original atau asli, atau bisa juga membeli produk aftermartket yang sudah teruji kualitasnya. Selain itu cek juga setelan rem, jangan terlalu kencang, dan jangan terlalu kendor pula.

Laher atau Bearing Roda

laher motorNah, tadi sudah dibahas tentang roda dan disk cakram yang speleng sehingga membuat kampas rem bisa aus sebelah. Kok bisa speleng?? Ini dia biang keroknya. Laher atau bearing roda yang sudah oblak, alias aus. Laher atau bearing roda ini akan membuat velg kita bergoyang-goyang apabila aus.

Nah loh! Kok bisa aus yah besi setebel itu? Penyebabnya banyak. Salah satu yang menjadi kambing hitam adalah lubang jalanan yang beringas. Lagi asik ngebut, ada lubang, gak sengaja kena hajar. Hancurlah bola-bola penahan bearingnya.

Trus gimana caranya biar gak sering oblak? Ya sarannya sih cuman 1, gunakanlah laher atau bearing yang kualitasnya yahuddd. Jangan tergiur harga murah yang cuman selisih 10-20 ribu!!

Komstir

komstir motorSekali dayung, dua-tiga pulau terlampaui. Sekali hajar lubang, dua-tiga part minta diganti. Yap! Untuk urusan ngehajar lubang, biasanya part selain laher roda yang cepet rusak adalah komstir.

Untuk komstir selain karena ngehajar lubang, si doi juga bisa cepat rusak kalo salah dalam memasang.

Komstir ini harganya memang cukup lumayan menguras kantong untuk produk orisinil pabrik. Namun ada jenis komstir yang kualitasnya ga kalah sama ori, namun harga lebih ekonomis.

Namanya komstir jenis bambu. Boleh dicoba komstir dengan model bambu ini supaya lebih enak handlingnya, serta kualitas pun bisa disetarakan sama yang produk ori pabrikan.

Bohlam

bohlam motorIni nih, part yang juga cepet banget rusaknya. Bohlam si penghasil cahaya. Gak pandang bulu, mulai dari bohlam lampu utama, sen, rem, sampe speedometer sering sekali putus. Mungkin memang kualitas bohlam sekarang yang agak kurang bagus, namun juga ada kemungkinan kelistrikan motor anda ada masalah sehingga putusnya bohlam menjadi tumbalnya.

Cek dulu kelistrikan motor anda, kalo memang bagus, berarti memang kualitas bohlamnya buruk. Kalau memang normal kelistrikannya, bisa dicoba untuk mengganti bohlam wolfram standar dengan bohlam LED. Selain wattnya lebih kecil, bohlam LED juga diklaim memiliki umur yang lebih panjang daripada wolfram biasa.

Aki

aki motor“Wah ini mah akinya tekor boss” sepertinya sering juga hal ini diucapkan montir. Walaupun memang rusaknya gak segampang part lain, tapi aki juga sering rusak alias tekor.

Biasanya ini bakal terjadi ketika motor anda kelebihan beban listrik, atau bisa juga aki basah yang gak pernah dicek ketinggian airnya. FYI, aki jaman sekarang usia hidupnya jauuuuuh lebih singkat daripada aki jaman dulu.

Anda bisa mengurangi beban kelistrikan supaya aki ga cepet tekor. Atau kalo mau cara yang lebih esklusif dan agak mahal, anda bisa mengubah sistem kelistrikan motor anda menjadi sistem fullwave supaya pengisian ke aki menjadi lebih besar dan gak cepet tekor.

Seal Karet

seal karet motorSeal karet ini ada di mana-mana. Namun yang paling sering rusak biasanya adalah seal shockbreaker, seal kruk as dan seal pompa oli. Untuk seal shockbreaker biasanya bisa hancur atau rusak karena efek ngehajar lubang yang tak terkira. Kalau seal-seal yang letaknya di dalam mesin biasanya bisa rusak karena suhu mesin yang kadang-kadang terlalu panas, sehingga seal bisa memuai.

Nah, untuk mencegah seal karet tersebut rusak, pastikan menggunakan part asli yang berkualitas. Jangan segan-segan untuk membayar lebih untuk seal-seal karet yang harganya lebih mahal. Untuk seal shockbreaker, anda bisa mencoba berkendara lebih santai agar bisa terhindar dari ganasnya lubang. Dan untuk seal karet di dalam mesin, seperti seal kruk as, anda bisa mencoba untuk mengatur ‘napas’ dari motor anda agar suhu mesin tidak terlalu panas, yang mana akan membuat bahan karet memuai.

Kabel Kopling

kabel kopling motorBuat yang motornya menggunakan kopling, pasti tau gimana keselnya kabel kopling putus di tengah jalan. Nah, part ini juga di beberapa motor sering mengalami kerusakan dan putus. Namun kalo ga sampe putus, biasanya kerusakannya cuman sebatas seret. Hal ini bisa terjadi karena selain kualitas kabel yang jelek, bisa juga karena timbulnya karat di dalam kabel kopling. Seringnya kena air hujan, bisa membuat karat bersarang di kabel kopling.

Supaya seret ini ga berujung putus, silahkan langsung ganti dengan kabel kualitas baik ketika gejala seret mulai terasa. Atau bisa juga dirawat dengan menyemprotkan pelumas ke dalam kabel kopling agar karat yang bandel itu bisa berkurang.

Gearset dan Rantai

gear set rantaiWalaupun sebeneranya part ini cukup tahan lama, namun terkadang part ini juga cepat rusak dan berubah setelannnya. Sebenarnya usianya bisa sampai tahunan, namun karena pengaturan setelan yang terlalu kencang, dan beban kerja motor yang terlalu berat, part ini bisa cepat aus dan mudah kendor. Sepertinya kita udah gak asing lagi kalau lagi di jalan banyak banget motor yang gearset sama rantainya bunyi.

Nah, usahakan gunakkan gearset berkualitas, yang bahannya terbuat dari baja supaya lebih tahan lama. Perhatikan juga setelan ketegangan rantai, jangan terlalu kencang. Bebann motor juga harus diperhatikan, apabila motor terlalu sering kelebihan beban, maka kerja rantai dan gearset akan menjadi sangat berat. Atau bisa juga menggunakan penahan rantai, atau istilahnya chain tensioner untuk mencegah rantai menjadi cepat kendor.

Ban

ban motorIni nih yang kadang suka bikin pusing. Kok ban kita batikannya bisa miring sebelah ya? Kok ban anda cepet rusak alias aus yah? Dan juga kok ban dalem motor anda cepet banget kempesnya ato bocornya?

Nahh, biasanya kalo ban motor yang batikannya miring sebelah bisa disebabkan oleh laher roda, atau komstir yang sidah oblak, sehingga posisi roda sudah tidak center lagi. Cobalah untuk sering mengecek bagian roda agar terhindar dari miringnya batikan ban.

Lalu kemudian, ban bocor dan kempes bisa desebabkan oleh beberapa hal. Yang pertama adalah terror ranjau paku, terutama di daerah – daerah rawan. Kedua adalah beban motor yang berlebihan. Yang ketiga adalah ukuran ban yang terlalu kecil.

Supaya ban anda tidak cepat bocor dan kempes perhatikan batas beban maksimal yang bisa diangkut oleh motor anda. perhatikan juga ukuran ban luar dengan ban dalam. Apakah sudah seimbang ukurannya? Apabila menggunakan ukuran ban 3.00 janganlah menggunakan ban dalam ukuran 2.00.

Itu beberapa spare part motor yang sering rusak, penyebab, dan cara mengatasinya. Sebenarnya ada part daleman mesin, seperti ring piston, stang piston, klep, keteng dan beberapa part lain yang cepat rusak, namun intensitas kerusakan part yang berada di dalam mesin tidaklah separah atau semudah pat-part yang sudah disebutkan di atas.

Apabila motor anda dirawat dengan sukses, maka part-part yang sudah disebutkan di atas pasti akan lebih tahan lama dan tidak cepat rusak.