Review dan Spesifikasi Mobil SUV Nissan Terra

review nissan terra

Nissan Terra resmi diluncurkan pada awal Mei 2018 lalu di ajang Gitas 2018 dengan berbagai fitur yang canggih dan kompetitif. Nissan Terra dihadirkan dengan konsep SUV yang dikatakan dapat menandingi Pajero Sport ataupun Fortuner. Akan tetapi, menurut kabar mobil ini baru akan mulai diperjualbelikan dan mengaspal di Indonesia pada akhir tahun 2018.

Sasis Nissan Terra dibangun dengan konsep Laddre Frame sehingga membuat bodynya terlihat besar dan bongsor. Selain itu, produk buatan negara Korea Selatan ini dipacu dengan mesin diesel 4 silinder barkode DOHC berkapasitas 2488cc serta tersedia untuk jenis transmisi manual dan otomatis.

Review Nissan Terra

Spesifikasi Nissan Terra

Mesin
Tipe Tipe DOHC, 16 Katup 4 Silinder
Kapasitas 2,488 cc
Jumlah Silinder 4
Jumlah Katup 16
Tipe Transmisi Manual 6 Percepatan (MT) / Otomatis 7 Percepatan (VL AT & E AT)
Tenaga Maksimal 190 hp @ 3 rpm
Torsi Maksimal 450 Nm @ 2 rpm
Sistem Penggerak Penggerak Roda Belakang
Sistem Bahan Bakar Bensin
Bodi
P x L x T 4,885 x 1,865 x 1,835 mm
Berat 2870 kg (MT) / 2900 kg (AT)
Tinggi terhadap tanah 225 mm
Jarak Sumbu Roda 2,850 mm
Jumlah Pintu 5
Jumlah Tempat Duduk 7
Rangka dan Kaki-Kaki
Rangka Rise Body
Suspensi depan Wishbone ganda dengan stabilizer depan
Suspensi belakang Multi-Link (5-Link) dengan stabilizer belakang
Velg / Ban – 245/65R17 (Tubeless)
Rem Depan ABS, EBD
Rem Belakang ABS, EBD
Fitur
Fitur – Kursi Kulit
– AC Otomatis Zona Ganda
– Daytime Running Light
– Electric Folding Mirror
– Sport Bar
– Kontrol telepon & audio di kemudi

Desain Masa Kini Andalkan Konsep SUV Premium Berikan Kesan Super Gagah dan Modern

Di sesi pertama ini, bung montir bakal meraba spesifikasi Nissan Terra di sisi eksterior terlebih dahulu. Dimana, segmen ini menjadi bagian pertama yang bakal memberikan kesan awal bagi para konsumen yang pertama kali melihat mobil ini. Maka dari itu, untuk menarik para konsumen, kali ini Nissan Terra akan hadir dengan mengusung desain SUV ikonik yang membentuk model begitu tangguh pada setiap sudut dari sisi eksteriornya. Dimulai dari depan, terlihat lampu depan dengan bentuk menyipit yang begitu khas dengan Adjustable Headlights berteknologi DRL beserta fog lamp yang begitu kompak untuk menunjang kebutuhan cahaya depan saat berkendara di malam hari.

Kemudian, bentuk grille pun didesain dengan gaya SUV masa kini plus logo Nissan yang terpampang di bagian tengahnya. Sehingga, memberikan kesan yang sangat gagah. Sementara itu di bagian samping, Nissan Terra juga akan tampak flared fender dengan lekukan lembut atau garis bodi yang dibuat cukup tegas melalui bagian handle door chrome yang sangat elegan. Bahkan, side skirt pun juga dilengkapi pijakan yang ideal guna memberikan kemudahan kepada para penumpang saat menaiki mobil ini. Di sisi lain, velg Alloy sporty pun juga turut disertakan pada mobil ini guna memberikan kesan yang lebih atraktif.

Sedangkan pada bagian belakang pada Nissan Terra ini juga tak kalah menarik. Pasalnya, pada sektor belakakangnya tersebut juga sudah dilengkapi stoplamp modern LED yang desainnya mengikuti alur konsep dari sisi sampingnya. Kemudian, ada juga wiper dan spoiler pada bagian kaca belakang yang semakin mempertegas kesan mobil adventure masa kini. So, secara keseluruhan bisa dikatakan jika sisi eksterior yang dibawa spesifikasi Nissan Terra ini terbilang sangat gagah dan mumpuni.

Memiliki Ruang Kabin Cukup Luas dengan Konsep Interior Modern dan Fitur Canggih

Kemudian, beralih pada segmen selanjutnya, kini kita akan bahas spesifikasi Nissan Terra pada sektor interior atau ruang kabinnya. Perlu untuk diketahui bahwa bagian ruang kabin pada SUV premium buatan Nissan ini dirancang dengan leluasa sehingga muat 7 penumpang sekaligus. Di satu sisi, kenyamanan penumpang pun juga terjamin berkat beberapa fitur canggih yang disematkan pada bagian dashboard depan.

Salah satunya yang tampak yaitu sistem entertainment 2DIN dengan layar sentuh fungsional cukup luas yang mana menampilkan beberapa menu pilihan guna menunjang hiburan. Seperti, Radio AM/FM, DVD Player, HDMI, remote control, MP3, dan sistem navigasi serta fitur konektivitas. Di bawah layar sentuh tersebut juga terdapat lubang AC dengan Dual Zone Automatic Temperature yang bisa diatur sedemikian rupa guna mengatur suhu dalam kabin agar terasa lebih sejuk.

Tak sampai di situ saja, Nissan Terra pun juga dilengkapi dengan lingkar kemudi berbahan material kulit yang mana sudah dilengkapi beberapa tombol multifungsi agar memudahkan pengemudi dalam mengatur sistem entertainment. Tak hanya itu, stopkontak 12 volt pun juga turut disematkan sebagai fitur untuk memudahkan pengguna dalam mengisi daya smartphone. Kemudian, pada bagian instrumen indikatornya pun juga sangat elegan dan canggih dengan mengusung teknologi Nissan Intelligent Mobility yang mengandalkan sistem Advance Drive-Assist Display untuk mengetahui keadaan mobil secara keseluruhan saat dikendarai. Seperti Tire Pressures (tekanan ban), Driving Aids, dan Inclinometer untuk memastikan seberapa ekstrim sudut jalan yang akan dilewati. Lalu, dalam panel indikator tersebut juga menampilkan beberapa informasi seputar tachometer, Trip meter, jam digital, odometer, dan indikator bahan bakar.

Selain itu, ada juga tampilan rpm maupun kecepatan Km/jam. Lalu, pada bagian ruang kabin dari Nissan Terra ini juga sangat elegan dan pasti membuat penumpang nyaman. Sebab, jok/kursinya saja mengusung konsep bangku Zero Gravity yang akan memberikan kenyamanan kepada para penumpang dan membantu mengurangi rasa letih. Kemudian, tersedia sandaran tangan yang bisa dilipat saat tak digunakan, serta tempat untuk menaruh gelas minuman untuk penumpang di baris ke dua. Nah, pada baris ke dua ini, para penumpang juga bakal disajikan sebuah fitur entertainment berupa On-Board Entertainment System, di mana terdapat input HDMI, DVD player, remot kendali, serta monitor 11 inci yang bisa dilipat. Di bagian jok belakang pun kursinya bisa dilipat sebagai bagasi yang sangat fungsional untuk membawa barang banyak. So, secara keseluruhan bung montir pastikan bahwa sektor interior maupun ruang kabin pada spesifikasi Nissan Terra ini dijamin tak bakal membuat para penumpang merasa kecewa.

Mobil Tangguh dengan Dimensi Bongsor Usung Rangka Ladder Frame dan Kaki-Kaki Proporsional

Di samping interior, tampaknya sektor dimensi bodi pada spesifikasi Nissan Terra ini juga terbilang sangat menarik untuk kita bahas. Sebab, pada sektor ini akan kita temukan rangka, ukuran bodi seta konsep kaki-kaki yang diusung oleh SUV buatan Nissan ini. Seperti pada sektor dimensinya yang mana kali ini Nissan Terra sendiri akan mengusung rangka/sasis Ladder Frame yang dikenal unggul dalam menopang bodi pada mobil bertubuh bongsor serta sangat efektif dalam membawa penumpang maupun barang.

Tak hanya itu, rangka tersebut dibentuk dengan ukuran dimensi 4895mm x 1865mm x 1835mm dengan wheelbase atau jarak sumbu roda 2850 mm. Sehingga, tak heran jika dengan ukuran dimensi tersebut, Nissan Terra ini memiliki bentuk bodi yang besar dan terkesan bongsor khas SUV premium. Sementara itu, untuk ground clearance pada SUV buatan Nissan ini juga dirancang sangat ideal setinggi 225 mm yang mana menurut bung montir sudah sangat proporsional untuk seukuran mobil SUV.

Terlepas dari itu, menginjak pada bagian kaki-kakinya, tampaknya pihak pabrikan juga mengandalkan beberapa fitur untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara. Dimana, salah satunya yaitu dengan mengusung suspensi Double Wishbone with Stabilizer di bagian depan dan Multi-link (5 link) pada suspensi bagian belakangnya yang mana juga dilengkapi Stabilizer. Tentu saja, dengan keberadaan kedua suspensi handal tersebut maka keseimbangan dari Nissan Terra pun akan terjaga secara maksimal. Bahkan, kedua suspensi tersebut pun juga mampu menjaga kelenturan atau meredam getaran saat melewati medan jalan yang ekstrim.

Kemudian, untuk bagian rodanya sendiri, Nissan mengusung velg Alloy dengan dilengkapi sistem rem super canggih, yaitu berteknologi ABS, EBD, dan BA yang sangat handal dalam menahan kendali laju mobil secara efektif dan efisien. Sehingga, ban tak akan mudah terkunci saat dilakukan rem dadakan. Dengan begitu, sangat layak jika sisi dimensi dan kaki-kaki pada spesifikasi Nissan Terra ini diandalkan untuk bersaing dengan teknologi yang disematkan pada para pesaingnya.

Jantung Pacu Andalkan Mesin Diesel Tipe DOHC Kapasitas 2488 cc dengan Transmisi Manual dan Otomatis

Selain soal dimensi, pada bagian dapur pacu dari spesifikasi Nissan Terra pun juga tak bisa kita lepaskan begitu saja. Apalagi, sektor ini merupakan bagian yang sangat berpengaruh pada kinerja atau performa dari mobil ini. Dimana, kali ini Nissan akan mengusung mesin diesel 4 silinder tipe DOHC yang mana bakal mengusung kapasitas kubikasi hingga 2488 cc dengan jenis roda penggerak 2WD. Selain itu, untuk memaksimalkan performanya maka Nissan Terra akan mengandalkan dua pilihan transmisi. Yaitu transmisi manual 6 percepatan dan transmisi otomatis 7 percepatan. Dengan mesin canggih dan transmisi handal tersebut maka SUV ini diklaim bakal mampu menghasilkan tenaga hingga 190 Ps per 3600 rpm dan sanggup mencapai titik puncak torsi hingga 450 Nm per 2000 rpm. Sangat gahar dan handal bukan?

Tak sampai di situ saja, perlu untuk diketahui juga bahwa Nissan Terra pun juga akan mengusung sistem pembakaran CRDI dengan bahan bakar jenis Diesel. Sehingga, akan membuat mobil ini mampu mengkonsumsi bahan bakar secara lebih efektif dan efisien. Tentu saja, dengan kehandalan pada sektor jantung pacu yang diusung spesifikasi Nissan Terra tersebut maka akan membuat mobil ini mampu melaju dengan akselerasi gesit dan memiliki tenaga gahar dengan mode berkendara yang bisa diatur sesuai medan jalan.

Berbekal Fitur-Fitur Canggih dengan Fungsionalitas Tinggi

Beranjak ke sektor berikutnya, bung montir ingin mengulik fitur yang diusung spesifikasi Nissan Terra. Oke langsung saja, ada beberapa fitur yang memang disematkan pada SUV ini. Salah satu yang menonjol yaitu fitur keselamatan berupa teknologi Airbag yang sangat kompleks di seluruh bagian untuk melindungi penumpang dari benturan keras saat bertabrakan. Di samping itu, Nissan Terra juga diklaim bakal mengusung rem ABS, EBD, dan BA yang akan membuat sistem pengereman pada SUV ini menjadi lebih handal dan mampu mengendalikan laju mobil secara lebih sempurna.

Tak tertinggal juga, fitur VDC (Vehicle Dynamic Control) pun juga hadir sebagai fitur untuk membantu pengemudi mengendalikan laju mobil saat berada di tikungan tajam. Fitur ini bekerja dengan mengurangi tenaga mesin atau memperkuat tenaga rem pada roda tertentu. Sehingga berkendara pun menjadi lebih aman. Selain itu, Nissan Terra juga akan dilengkapi dengan Hill Start Assists yang akan membantu pengemudi saat berada ditanjakan untuk berhenti sejenak dan tidak mundur ke belakang sebelum memacu kembali kendaraan.

Selain itu, ada juga fitur Hill Descent Control yang sangat berguna untuk mengendalikan kecepatan di turunan dengan mengatur akselerasi dan tekanan rem secara otomatis. Sementara itu, di bagian ruang kabin pada Nissan Terra pun juga sudah dibekali beberapa fitur menarik, seperti sistem entertainment dengan menu Nissan Intelligent Mobility yang sangat canggih dengan fungsional tinggi. Dengan demikian maka jelas jika fitur pada spesifikasi Nissan Terra ini tak bisa dipandang sebelah mata.

Harga Nissan Terra

Nah, akhirnya sampailah kita pada titik terakhir, yakni kita akan membahas mengenai soal harga Nissan Terra. Tapi sebelumnya perlu dipahami kembali bahwa mobil SUV premium ini memang hadir dengan membawa segala kecanggihan untuk bersaing dengan para kompetitornya. Dimana, dari segi desain eksteriornya pun kesan sporty dan elegan juga sudah mulai tampak begitu terkesan pada setiap sisinya.

Selain itu, Nissan Terra juga akan dilengkapi dengan beberapa komponen jantung pacu, berupa mesin 2488 cc DOHC dengan 4 silinder dan menawarkan dua pilihan otomatis dan manual. Mesin tersebut diklaim sangat handal dan gahar. Bahkan, beberapa fitur handal, seperti rem ABS, EBD, dan BA pun juga turut disertakan pada SUV ini guna memaksimalkan sistem berkendara. Tentu saja, dengan segala kecanggihan yang ditawarkannya tersebut akan mempengaruhi harga Nissan Terra.

Sebagaimana dari beberapa informasi yang beredar, sebenarnya harga Nissan Terra ini sudah diketahui saat peluncurannya di GIIAS 2018. Dimana, kisaran untuk banderolnya sendiri diklaim menyamai pesaingnya, seperti Pajero Sport dan Fortuner. Pasalnya, dari kabar yang bung montir dapatkan, harga Nissan Terra ini akan dibanderol mulai Rp 460 juta. Angka yang sangat fantastis dan terbilang mahal. Namun, bagi bung montir kisaran harga tersebut sudah cukup ideal dan wajar mengingat segmentasinya berada di pasar premium kelas menengah atas.

Di satu sisi, perlu untuk dipahami juga bahwa informasi harga Nisan Terra di atas adalah harga kisaran terendah. Pasalnya, saat peluncurannya di GIIAS 2018, angka tersebut dikabarkan nantinya masih bisa berubah saat pengiriman unit ke dealer di akhir 2018 nanti. Meski demikian tampaknya selisih perbedaannya juga tak jauh dari harga yang terpampang tersebut. Bagaimana kawan? Sangat menarik bukan?