Perawatan Filter Udara Pada Motor Pribadi Anda

perawatan filter udara motor

Perlu diketahui bahwa salah satu hal yang wajib dipahami bagi setiap pemilik sepeda motor yakni harus mengetahui cara membersihkan filter udara motor. Pasalnya, filter udara pada kendaraan roda dua ini merupakan komponen dalam mesin pacu yang harus dijaga dan dirawat dengan baik mengingat perannya yang sangat penting dalam menunjang performa dari mesin itu sendiri. Maka dari itu, mengetahui cara merawat filter udara motor merupakan langkah yang harus dipahami dan dilakukan oleh setiap pemilik kendaraan roda dua ini.

Tapi, bung montir ingin sedikit menjelaskan tentang apa itu filter udara pada motor itu dan apa kegunaannya. Begini sob, filter udara atau disebut juga dengan saringan udara ini secara ringkas merupakan perangkat dalam dapur pacu sebuah kendaraan bermotor yang bertugas menyaring udara yang masuk dari luar guna menunjang kinerja pembakaran di ruang pembakaran pada mesin pacu. Oleh sebab itu, pengetahuan tentang cara membersihkan filter udara motor dengan benar sangat penting untuk dilakukan agar sektor mesin pacu pada motor menjadi lebih terawat dan terjaga kualitasnya.

Perlu dipahami kembali bahwa cara membersihkan filter udara motor ini pun juga salah satu langkah yang harus kamu terapkan guna menunjang performa mesin. Bahkan, tak perlu ke bengkel pun, jika kawan-kawan bung montir sudah pada paham mengenai cara untuk merawat filter udara motor ini maka kamu pun bisa melakukannya secara mandiri dengan mudah di rumah. Nah, sebagai komponen penyaring udara, cara merawat filter udara motor dengan benar memang harus dilakukan secara berkala, apalagi jika motor yang kamu miliki sering dikendarai untuk melewati daerah yang banyak debu yang dipastikan akan menjadikan filter udaranya cepat kotor sehingga pembersihan rutin pun perlu dilakukan.

Jika filter udara ini jarang dibersihkan maka proses pembakaran pada motorpun akan terganggu, apalagi jika banyak kotoran atau debu yang masuk lalu menggores dinding silinder atau piston, tentu saja performa mesin pacu pada motor kamu tak akan mengalami masalah. Terkait dengan cara membersihkan saringan udara motor, sebelum jauh melangkah mengenai merawat filter udara motor ini, bung montir ingin menyampaikan beberapa tipe atau jenis filter udara motor. Apa saja itu? Tak perlu berlama-lama, untuk mengawali pembahasan terkait cara membersihkan filter udara motor, berikut penjelasan tentang beberapa jenis filter udara yang harus kamu kenali dan pahami!

Jenis Filter Udara Motor

Filter Udara Motor Konvensional

Jenis filter udara motor yang satu ini merupakan penyaring udara yang umumnya terbuat dari bahan busa atau spoon. Namun, untuk jenis filter udara konvensional sendiri biasanya disematkan pada kendaraan roda dua yang diproduksi sebelum tahun 2005. cara membersihkan filter udara motor jenis ini memang cukup intensif, karena jika filter ini sudah tak berfungsi yaitu bisa dilihat dari permukaan spoon yang sudah mulai rusak atau tak rata dan banyak lubang. Selain itu, jika kondisi busa atau spoon filter ini sudah kotor dan tidak bisa dibersihkan lagi maka kamu harus segera menggantinya dengan filter udara yang baru.

Untuk merawatnya, kamu perlu membersihkannya secara berkala setiap bulan sekali. Untuk merawat filter udara motor jenis spoon ini pun juga dikenal cukup mudah di mana kamu bisa hanya dengan menyemprotnya menggunakan angin bertekanan tinggi atau kompresor. Bahkan, cara merawat filter udara motor jenis spoon/busa (konvensional) ini bisa juga dengan cara dicuci menggunakan bensin atau direndam dalam air yang dicampur dengan sabun lalu dikucek-kucek secara perlahan sampai kotorannya hilang.

Jika sudah, keringkan dengan langkah diperas namun jangan dipelintir agar spoon tak mudah rusak. Akan lebih bagus, setelah kering kamu bisa melumasi atau melumurinya dengan sedikit oli secara merata supaya kotoran atau debu mudah ditangkap dan disaring menggunakan filter ini. Di samping itu, perlu diketahui juga bahwa cara membersihkan filter udara motor jenis spoon/busa (konvensional) yang benar juga sangat disarankan untuk menggantinya dengan yang baru jika sudah melebihi 16.000 Km.

Filter Udara Motor Kering

Selain itu, salah satu jenis filter udara motor yang biasa digunakan yaitu jenis filter udara kering atau biasa disebut filter dry element. cara merawat filter udara motor yang satu ini memang lebih mudah karena dibuat sedikit lebih tebal dari tipe busa sehingga tidak mudah rusak. Namun, meski tak gampang rusak, penggantian filter tipe ini tetap wajib dilakukan ketika menandakan beberapa ciri, antara lain yakni bentuk filter kering ini sudah terlihat bolong dan tidak bisa dibersihkan lagi. Bahkan, jika kondisi pada sirip filter kertas ini sudah tampak bengkok maka tak perlu menunggu waktu lama untuk menggantinya dengan yang baru.

Berbeda dengan filter berjenis spoon, untuk tipe filter udara motor kering ini tidak cepat rusak dan lebih awet sehingga harganya pun relatif lebih mahal. Namun, untuk pembersihan dan penggantian berkala pun perlu dilakukan secara rutin. bung montir sarankan untuk filter ini wajib diganti dengan yang baru setiap menginjak kelipatan 8.000 Km – 9.000 Km. Namun, menariknya untuk proses perawatannya justru lebih mudah dan ringkas. Pasalnya, cara membersihkan saringan udara motor tipe kering ini kamu hanya perlu menyemprotnya dengan angin bertekanan tinggi atau kompresor dan diarahkan pada setiap sela-sela filter.

Perlu diingat juga bahwa untuk membersihkannya, semprot bagian filter dari arah berlawanan dengan arah udara masuk. Oh iya sob, jangan bersihkan tipe filter kering ini dengan menggunakan bensin atau dicuci memakai sabun karena jika cara membersihkan filter udara motor tipe kering salah langkah, maka akan membuat filter ini justru menjadi mudah rusak.

Filter Udara Basah

Terakhir, jenis filter udara motor yang juga banyak digunakan yaitu tipe filter udara basah atau wet element. Bahan pembuatnya mirip sekali dengan tipe filter kering, yaitu sama-sama menggunakan material dari kertas, hanya saja untuk cara membersihkan filter udara motor jenis ini, butuh treatment khusus karena tipe filter basah ini mengandung pelumas khusus yang fungsinya menangkap kotoran atau debu dan melindungi ruang bakar mesin secara lebih maksimal. Pada umumnya, tipe filter udara basah ini sering ditemukan pada motor matik produksi tahun 2014. Di sisi lain, filter udara basah ini tidak boleh dicuci atau dibersihkan dengan menggunakan kuas maupun sikat karena dikhawatirkan jika dicuci dengan air atau pompa angin bertekanan tinggi justru akan menghilangkan pelumas yang ada pada permukaan filter udara motor tipe basah ini.

Beberapa jenis filter udara motor yang telah disebutkan tersebut, tentu kamu bisa mengentahui tipe filter apa yang dibenamkan pada motor kamu. Sebab, mengetahui jenis filter udara pada motor nantinya juga akan berpengaruh pada proses perawatan dan pembersihannya. Sehingga, mengetahui beberapa jenis filter udara motor ini memang didahulukan sebelum jauh melangkah pada proses atau cara membersihkan saringan udara motor. Bagaimana sob? Sudah tahu kan jenis-jenisnya? Nah, jika sudah tahu jenis filter udara motor maka menginjak pada segmen berikutnya, bung montir akan mengulas mengenai cara membersihkan filter udara motor yang benar.

Seperti yang sudah diketahui bahwa tipe filter udara ini merupakan jenis filter terbaru dengan bahan pembuatnya yang mirip dengan filter kering, yaitu sama-sama dari kertas. Meski sama namun cara merawatnya berbeda mengingat walau berbahan material sama, untuk filter basah ini mengandung lapisan pelumas khusus yang nantinya akan memaksimalkan filter dalam menangkap kotoran. Akan tetapi, untuk cara merawat filter udara motor jenis basah ini justru tidak boleh disemprot menggunakan kompresor dan dilarang untuk dicuci. Bahkan, tidak boleh juga dibersihkan menggunakan sikat atau kuas. Sebab, jika disemprot, dicuci atau disikat justru akan menghilangkan pelumas yang melapisi filter udara ini.

Lantas, cara merawatnya bagaimana ya? Nah, untuk panduan cara membersihkan filter udara motor jenis basah ini, kamu hanya perlu memukul-mukulnya secara ringan atau dengan dilap secara tipis dan perlahan. Namun, bung montir sangat menyarankan, apabila filter udara tipe basah ini kondisi kotoran atau debu yang menempel sudah sangat tebal maka segera diganti dengan yang baru saja.