Kepemilikan yang Sama, Toyota dan Daihatsu Sudah Memiliki Bengkel Resmi Masing-Masing

servis toyota dan daihatsu di bengkel resmi masing-masing

Sebagai merk mobil yang berada di bawah kepemilikan yang sama, Toyota dan Daihatsu memang sangat terlihat memiliki variasi produk yang terbilang kembar. Sebagai contoh, Avanza dan Xenia ataupun Rush dan Terios.

Namun menurut Senior Division Auto2000 Ricky Martawijaya, walaupun produk kembar dan dianggap memiliki suku cadang yang sama, Daihatsu dan Toyota memiliki bengkel resminya masing-masing.

Katanya,”Secara payung berada di bawah PT Astra Internasional, dimana ada Toyota Sales Operation dan Daihatsu Sales Operation, tapi soal principal berbeda meski Daihatsu ownership by Toyota. Jadi meski produknya kolaborasi, suku cadang sama, tapi servis kita berbeda”.

Ricky menegaskan bila bengkel resmi Auto2000 merupakan diler eksklusif Toyota, bahkan secara tingkat kemampuan mekanik pun sudah disertifikasi Toyota Internasional. Dengan demikian, secara pengerjaan unit yang dilakukan tidak menerima merek lain, termasuk untuk Daihatsu yang secara tak langsung merupakan “saudara” sendiri.

Bahkan untuk kondisi tertentu yang sifatnya darurat, konsumen pengguna Daihatsu pun tetap tidak bisa menggunakan jasa yang difasilitasi Auto2000 untuk pengguna merek Toyota. Artinya, mulai dari jasa bengkel, road assistance, sampai pengerjaan bodi dan cat pun, Auto2000 tak menerima pengerjaan di luar merek Toyota.

“Di Astra Internasional ada Astra World, ini bisa dimanfaatkan untuk membantu pemilik kendaraan dalam kondisi emergency. Contoh seperti emergency road assistance (ERA) yang dilengkapi mobil gendong, di Astra World juga ada mekanik yang bisa handle Toyota dan Daihatsu, jadi kalau darurat bisa menggunakan layanan Astra World yang dinaungi Astra Internasional,” ujar Ricky.