Fungsi Angin Nitrogen Bagi Kendaraan Pribadi

fungsi angin nitrogen

Jika anda merupakan salah satu orang yang setiap harinya menggunakan kendaraan pribadi, tentu anda tidak asing dengan penggunaan angin pada ban kendaraan anda. Di beberapa pom bensin di Indonesia, tersedia tempat pengisian angin biasa dan angin nitrogen. Namun sebagian besar dari anda tentu belum mengetahui perbedaan jenis kedua angin tersebut dan pengaruhnya terhadap performa kendaraan anda.

Peningkatan suhu nitrogen tak secepat angin biasa

Dengan menggunakan nitrogen, tekanan angin ban cenderung lebih stabil ketimbang angin biasa. Hal ini disebabkan partikel molekul nitrogen lebih besar dari molekul angin biasa, sehingga angin sulit untuk keluar dari pori-pori ban.

Efisien

Dengan butiran nitrogen lebih besar dari angin biasa, angin nitrogen tak cepat berkurang. Hal ini memengaruhi laju kendaraan yang membuat kendaraan apapun lebih hemat bahan bakar. Sebab tekanan angin yang kurang dapat menghambat laju kendaraan sehingga membutuhkan tenaga mesin lebih besar dan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar.

Jika tekanan angin pada ban optimal, maka tapak ban akan menempel lebih sempurna di permukaan jalan sehingga membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit sekitar 3,3 persen.

Tekanan nitrogen tak cepat berkurang

Nilai lebih lainnya adalah suhu nitrogen lebih rendah dibandingkan oksigen. Dengan menggunakan nitrogen maka suhu udara dalam ban akan lebih stabil, tidak naik turun, sehingga ban juga terhindar dari risiko meletus akibat kepanasan. Bagi kendaraan yang disimpan dalam jangka waktu cukup lama, udara nitrogen dapat bertahan selama satu hingga tiga minggu lebih lama dibanding angin biasa

Lebih awet

Penggunaan angin biasa dapat menyebabkan karet ban menjadi cepat uzur dan keras karena proses oksidasi. Bagi Anda yang ingin mudik menggunakan skutik, penerapan nitrogen pada ban skutik patut dicoba. “Intinya baik angin biasa dan nitrogen isi dengan tekanan yang sesuai dengan rekomendasi kendaraan,” tutur pria yang akrab disapa Pak Zul.

Dengan usia angin nitrogen yang lebih baik, penggunaan ini lebih cocok untuk menemani perjalanan jauh Anda, seperti mudik Lebaran yang akan tiba. Tekanan angin nitrogen yang lebih tahan lama di dalam ban menjadi rekomendasi untuk ban skutik Anda ketika mudik lebaran.