Fitur Keamanan yang Harus Tersedia Pada Mobil Anda

5 keamanan pada mobil

Berkendara adalah hal yang paling sering dilakukan oleh orang Indonesia. Namun setiap orang sering melupakan tentang fasilitas keamanan yang sudah disediakan dalam kendaraan. Keselamatan merupakan hal yang utama, baik saat berkendara atau bahkan saat baru merencanakan membeli mobil. Karena itu pabrik pembuatan mobil sudah menyediakan 5 fasilitas pengamanan untuk memastikan perjalanan anda menyenangkan.

Electronic Stability Control (ESC)

Electronic Stability Control adalah sistem keamanan yang mencegah pengemudi kehilangan kontrol dari mobil mereka. Jika mobil mulai kehilangan kontrol, ESC menggunakan sensor dan sistem komputerisasi untuk secara otomatis menerapkan rem pada roda dan meletakkan segala sesuatu kembali ke jalur.

Three Point Seatbelts

Fungsi sabuk pengaman ini untuk menahan pengemudi mobil dan penumpang agar selalu berada dalam posisi duduk normal ketika mobil mengalami kecelakaan. Selain itu, fitur seatbelts ini juga bisa mencegah penumpang/sopir kabin terpental keluar kabin dan juga mengurangi cedera.

Autonom Emergency Braking (AEB)

Sistem AEB menggunakan kamera dan sensor untuk mendeteksi kecepatan dan jarak benda di jalur kendaraan. Jika pengemudi tidak menanggapi potensi benturan, sistem akan secara otomatis menerapkan rem untuk mencoba mencegah tabrakan.

Airbags

Airbag adalah bantal udara yang akan mengembang dari setir (roda kemudi atau dari dasbor) beberapa milidetik setelah tabrakan (300 kilometer per jam) sehingga kepala, leher, dan dada aman dari tabrakan. Airbags merupakan perlindungan penting yang wajib dimiliki kendaraan masa kini.

Anti-Lock Braking System (ABS)

Fitur ini berfungsi sebagai sistem pengereman. ABS berfungsi untuk mencegah roda terkunci saat terjadi pengereman secara mendadak dengan cara menghindari penguncian terhadap kempat roda. Dengan roda yang tidak terkunci, mobil lebih mudah dikendalikan. ABS ini sangat ideal jika digunakan saat mengemudi di jalan yang lincin dan juga banyak belokan.