Ciri-Ciri Dan Tanda Kampas Rem Sudah Mulai Habis

ganti kampas rem

Kampas rem mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam menjaga keamanan berkendara anda. Pasalnya, kampas rem adalah komponen yang berfungsi untuk menghentikan kendaraan anda dengan memanfaatkan gesekan piringan secara perlahan agar kecepatan menurun.

Gesekan yang dihasilkan saat anda menekan pedal rem akan membuat kampas mobil semakin terkikis hingga suatu saat habis. Jika anda terus memaksakan kampas rem yang sudah habis, gesekan yang dihasilkan akan membuat piringan pada kendaraan anda mengalami pengikisan. Tentu jika ini terjadi, biaya pergantian akan jauh lebih mahal.

Karena itu jika anda sering menggunakan kendaraan mobil dalam beraktifitas sehari-hari, maka anda harus mengetahui ciri-ciri dan tanda kampas rem anda sudah mulai habis. Karena anda harus segera lakukan pergantian sebelum gesekan mengenai piringan mobil anda.

Tanda Tanda Kampas Rem Mobil Habis

Selain harus menjaga kualitasnya, kampas rem mobil juga harus di perhatikan usia dan daya tahannya. Hal ini sangat penting, mengingat jika kampas rem ini sudah melebih batas usia atau daya tahan bahkan habis maka akan sangat membahayakan pengemudi Karena akan menimbulkan rem blong yang dapat berakibat sangat fatal.

Selain hal tersebut, kampas rem yang sudah kosong juga dapat menimbulkan kerusakan pada komponen rem yang lain, seperti pada piringan cakram rem. Kampas rem mobil yang sudah kosong sebenarnya dapat dengan mudah dikenali dengan cara merasakan perubahan yang terjadi saat melakukan pengereman pada mobil.

Kedalaman Rem

Jika kampas rem pada mobil Anda telah kosong, pada saat melakukan pengereman anda akan mulai merasakan pijakan rem mobil yang sudah semakin dalam dan menjauh dibandingkan biasanya. Hal itu merupakan tanda yang laing mudah dikenali ketikan kampas rem mobil sudah mulai terkikis atau berkurang.

Rem yang Bergetar

Kampas rem yang mulai terkikis akan menimbulkan getaran pada rem ketika Anda mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi dan kemudian melakukan pengereman.

Getaran tersebut umunmnya terjadi Karena kampas rem yang sudah mulai habis tersebut memiliki permukaan yang tidak rata sehingga saat mencengkram piringan cakram rem menjadi tidak sempurna dan hal inilah yang kemudian menimbulkan getaran pada rem. Jika sudah pada level terparah getaran tersebut bahkan bisa terasa sampai pada stir mobil.

Munculnya Suara Saat Melakukan Pengereman

Kampas rem yang sudah mulai habis, akan menimbulkan suara seperti gesekan logam saat Anda melakukan pengereman. Hal ini Karena, kampas rem yang habis itu hanya menyisakan bagian besinya dan ketika Anda melakukan pengereman, besi tersebut bergesekan dengan piringan cakrem rem dan hal inilah yang menyebabkan munculnya suara tersebut.

Minyak Rem

Kampas rem yang habis juga dapat dideteksi dari minyak rem yang turun namun bukan karena kebocoran.