Biaya dan Proses Pengurusan Balik Nama Mobil Anda

balik nama

Balik nama mobil merupakan hal yang sering dilakukan oleh pemilik kendaraan di Indonesia. Karena jumlah peminat dari jenis kendaraan bekas di Indonesia masih tergolong tinggi. Namun, seperti yang bung montir perhatikan, sebagian besar dari pemilik mobil lebih memilih untuk menggunakan biro jasa karena hanya dengan biaya sedikit lebih besar, masalah pada surat kendaraan anda selesai.

Walaupun anda bisa menggunakan biro jasa tersebut, anda tetap harus mengetahui besarnya biaya melakukan balik nama terhadap kendaraan anda serta bagaimana prosedur dari proses balik nama itu sendiri. Hal ini ditujukan agar biro jasa tidak dapat seenaknya menentukan harga yang jelas akan sangat merugikan anda.

Mengetahui biaya balik nama mobil dan cara mengurus balik nama mobil itu cukup penting, apalagi bagi anda yang baru saja membeli mobil bekas dari pemilik awal. Pasalnya, bolak balik meminjam KTP dari pemilik awal sebagai syarat untuk membayar pajak tahunan tentu cukup merepotkan. Maka dari itu, salah satu solusinya yaitu dengan menerapkan prosedur balik nama pada BPKB atau STNK supaya administrasi ketika pembayaran PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) tahunan menjadi lebih mudah dan singkat.

Di sisi lain, mengetahui biaya balik nama mobil dan cara mengurus balik nama mobil juga akan membuat anda terhindar dari calo yang kerap kali memanfaatkan masyarakat yang ingin melakukan pajak kendaraan. Selain itu, dengan balik nama tentunya mobil bekas yang kita miliki tersebut secara formal sudah menjadi milik kita pribadi. Hanya saja, banyak dari anda yang tak melakukan balik nama mengeluh mengingat proses balik nama yang panjang atau terkendala biaya.

Namun, jika sobat tahu biaya maupun cara mengurusnya secara lebih detail, bung montir yakin semua akan berjalan dengan mudah dan cukup singkat. Nah, untuk itu, simak baik-baik ulasan yang akan bung montir informasikan kepada anda terkait biaya balik nama mobil dan cara mengurus balik nama mobil yang akan dijelaskan di bawah ini!

Biaya Balik Nama Mobil

Mungkin, buat sebagian orang, biaya balik nama mobil itu cukup mahal. Sehingga, banyak yang enggan melakukan proses balik nama pada mobil second yang dibelinya. Perlu untuk anda ketahui bahwa sebenarnya, biaya untuk balik nama mobil itu di tiap wilayah berbeda-beda. Pasalnya, sangat hal ini sangat tergantung dengan bagaimana peraturan pemerintah daerah setempat ditetapkan. Akan tetapi, secara umum penting untuk kawan ketahui bahwa biaya balik nama mobil ini nantinya akan terbagi menjadi dua, yakni biaya pajak yang merupakan biaya yang bakal tertulis di STNK saat nanti selesai diproses dan biaya di luar pajak yang berupa biaya di luar tagihan yang tertulis pada STNK. Untuk lebih jelasnya, berikut uraian secara detail :

Biaya Pajak

Salah satu yang dibebankan pada biaya balik nama mobil yaitu biaya pajak di mana nominal pajak yang harus dibayarkan nantinya akan tertulis pada STNK. Nah, biaya pajak yang tertera pada STNK sendiri terbagi menjadi 5, antara lain sebagai berikut :

PKB

PKB yang merupakan kepanjangan dari Pajak Kendaraan Bermotor ini nantinya akan tertera pada STNK dengan patokan biaya yang umumnya tidak akan berubah dari pajak yang tertulis di tahun-tahun sebelumnya. Biasanya, nominal angka yang harus dibayarkan pun nantinya bisa turun bersamaan dengan bertambahnya usia mobil yang kawan miliki. Lain halnya jika Anda terkena Pajak Progresif.

BBN KB

BBN KB merupakan singkatan dari Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor. Tentu saja dalam hal ini jika Anda menggunakan mobil biaya ini merupakan biaya balik nama mobil, penentuan nominalnya sendiri dihitung dengan rumus, yaitu BBN KB = 2/3 x PKB.

SWDKLLJ

Selanjutnya, pada STNK juga akan tertera biaya SWDKLLJ atau Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu-lintas Jalan. Nah, untuk biayanya sendiri sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat. Di mana, untuk motor dikenakan Rp 35 ribu sedangkan mobil Rp 143 ribu.

Biaya ADM STNK

Pada STNK, juga tertera yang namanya ADM STNK atau Biaya Administrasi STNK. Untuk ketentuan nominal biayanya, sudah ditentukan oleh pemerintah. Untuk motor dikenai Rp 50 ribu sedangkan mobil Rp 75 ribu.

Biaya ADM TNKB

Tak bedanya dengan ADM STN, pada biaya ADM TNKB (Biaya Administrasi Tanda Kendaraan Bermotor) juga sudah ditentukan oleh pemerintah. Biaya untuk motor Rp 30 ribu dan mobil Rp 50 ribu. Namun, biaya tersebut pun sewaktu-waktu masih bisa berubah.

Biaya di Luar Pajak

Sedikit berbeda dengan biaya pajak yang tertera pada STNK, untuk biaya di luar pajak juga perlu diperhitungkan sebagai salah satu unsur pajak dalam prosedur biaya balik nama mobil. Beberapa hal yang harus dibayarkan di luar pajak antara lain :

  • Pemberian tip pada petugas cek fisik sebesar Rp 10.000 (boleh diberikan, boleh tidak)
  • Pengesahan hasil cek fisik sebesar Rp. 30.000 (biaya ini tanpa kwitansi)
  • Pendaftaran balik nama STNK sebesar Rp 30.000 untuk mobil (biaya ini juga tanpa kwitansi)
  • Pendaftar balik nama BPKB sebesar Rp. 100.000 untuk mobil (ada blanko yang dikeluarkan oleh POLDA setelah pengurusan STNK selesai dan saat pengurusan BPKB yang dapat disetorkan di Bank Rakyat Indonesia).

Cara Mengurus Balik Nama Mobil

Setelah kita tahu berapa biaya balik nama mobil yang terdiri dari biaya pajak dan biaya di luar pajak, kini saatnya bung montir menjelaskan prosedur terkait cara mengurus balik nama mobil. Nah, ada beberapa syarat yang harus anda persiapkan terlebih dahulu. Beberapa syarat balik nama mobil yaitu :

  • Fotocopy KTP pemilik baru atau fotocopy KTP pemilik mobil terakhir. Dalam hal ini, KTP yang digunakan yaitu KTP yang anda miliki sebagai pemilik mobil terakhir.
  • Siapkan BPKB asli beserta salinan fotocopy
  • Persiapkan juga STNK yang Sali dan fotocopy.
  • Nah, yang terakhir siapkan kwitansi jual beli kendaraan bermeterai Rp 6000. Untuk kwitansi, biasanya di kantor Polsek atau Samsat sudah menyediakan.

Nah, apabila beberapa berkas-berkas persiapan untuk balik nama mobil di atas sudah dipersiapkan maka segeralah datang ke Samsat atau Polsek untuk dapat melakukan cara mengurus balik nama mobil. Jangan lupa juga untuk membawa mobil yang akan kita balik nama. Untuk prosedurnya sendiri, ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Untuk lebih jelasnya, berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Langkah pertama cara mengurus balik nama mobil yang harus kawan lakukan tentu datang kekantor Samsat dan langsung saja menuju lokasi Cek Fisik. Nantinya, anda pasti akan diarahkan secara jelas oleh petugas prosedurnya.
  2. Setelah membawa mobil di lajur Cek Fisik dan membuka kapnya. Petugas membawa formulir dan melakukan pengecekan fisik mobil, meliputi nomor rangka dan nomor mesin mobil dengan cara menggosokkan stiker.
  3. Apabila cek fisik sudah selesai kemudian nantinya akan diberi formulir. Isilah formulir tersebut sesuai data mobil yang tertera pada STNK.
  4. Nah, jika sudah melakukan langkah 1-3 dari cara mengurus balik nama mobil maka serahkan formulir tersebut kepada petugas yang ada di loket beserta STNK asli. Setelah itu, tunggu sampai nama sobat dipanggil oleh petugas (nama yang dipanggil adalah nama yang tertulis di STNK)
  5. Setelah selesai diproses oleh petugas, Anda akan dipanggil untuk diminta mengumpulkan berkas-berkas, meliputi: formulir cek fisik, STNK asli, fotokopi STNK, fotokopi BPKB, fotokopi KTP pemilik baru, dan Kuitansi ke Gedung Utama yang ada di Samsat.
  6. Selesai berkas-berkas yang anda serahkan tadi dicek oleh petugas, selanjutnya akan diminta menyerahkan BPKB yang asli. Kemudian cara mengurus balik nama mobil selanjutnya hanya tinggal menunggu dipanggil oleh petugas lagi (kali ini akan dipanggil sesuai dengan nama pemilik mobil yang baru).
  7. Berikutnya setelah nama anda dipanggil ambil berkasnya kembali dan serahkan ke loket yang bertugas mengurusinya. Sampai pada tahapan ini, tunggu lagi dipanggil lagi oleh petugas.
  8. Selanjutnya apabila nama anda dipanggil oleh petugas, ambil berkasnya kembali lalu serahkan ke loket awal. Nantinya akan diberikan lembar tagihan yang harus dibayarkan untuk biaya balik nama.
  9. Langkah selanjutnya dari cara mengurus balik nama mobil ini tentu kawan harus membayar biaya tagihan sesuai dengan nominal yang tertera di lembar tagihan. Jika pada berkas tersebut diketahui belum membayar pajak, maka anda akan diminta untuk segera membayar pajak tersebut saat itu juga. Lalu tunggulah, petugas akan memproses pembayaran balik nama mobil Anda.
  10. Setelah melunasi tagihan pembayaran balik nama mobil yang kawan miliki, anda akan mendapatkan cap lunas dan tanda terima dari berkas-berkas yang sudah dikumpulkan tadi. Kemudian STNK Asli dengan Nama Baru selesai dibuat. Selanjutnya, tahapan yang harus dilakukan yaitu mengurus BPKB dengan nama baru ke Polda setempat.
  11. Nah, cara mengurus balik nama mobil pun selesai dilakukan. Namun, jangan lupa untuk menyimpan berkas dan cap pelunasan pembayar, untuk jaga-jaga saja jika sewaktu-waktu dibutuhkan.